PM Australia Beri Ucapan Selamat ke Jokowi atas Pemilihan Pemilu 2019

Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menerima ucapan selamat atas terselenggaranya Pemilu 2019 yang damai dan demokratis dari para pemimpin negara. Kali ini, ucapan datang dari Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Melalui sambungan telepon, Presiden Jokowi menerima ucapan selamat pada Minggu siang, 5 Mei 2019, sekitar pukul 14.00 WIB, di Istana Bogor.

Dalam pembicaraannya, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih, dan mengatakan bahwa Pemilu serentak 2019 di Indonesia berjalan aman, lancar dan demokratis.

Keduanya sepakat akan terus meningkatkan kerja sama dan hubungan baik antara dua negara tetangga dekat tersebut. Demikian dilansir dari setkab.go.id, Senin (6/05/2019).

Selain PM Australia, di hari yang sama Jokowi juga menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri Kerajaan Inggris Theresa May.

Ucapan tersebut disampaikan melalui sambungan telepon sekitar pukul 19.00 WIB di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu 5 Mei 2019. Presiden menyampaikan terima kasihnya atas dukungan pemerintah Kerajaan Inggris dalam proses pelaksanaan pemilu bagi WNI di London.

Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih, juga menjelaskan bahwa Pemilu pada 17 April 2019 lalu berjalan damai, adil dan transparan, ungkap Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu 5 April 2019.

Ucapan Selamat dari 30 Negara

Sebelumnya, sebanyak 30 negara juga telah memberikan ucapan kepada Presiden Jokowi karena penyelenggaraan Pemilu 2019 di Indonesia berjalan dengan lancar. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Armanatha Nasir mengatakan, ucapan tersebut disampaikan langsung oleh kepala negara dan ada yang melalui sosial media.

Tiga kepala negara yang menyampaikan langsung kepada Jokowi antara lain, PM Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, dan Presiden Turki Erdogan. Mereka secara langsung menelepon Jokowi via telepon, sehari setelah pencoblosan pemilu pada 18 April 2019.

Memang ada sekitar 20 negara yang menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia atas pelaksanaan pemilu yang lancar, damai dan adil, melalui berbagai cara. Kepala negara yang telp langsung kalau tidak salah Turki, Malaysia, dan Singapore, kata Armantha Nasir kepada Liputan6.com, Sabtu 27 April 2019.

Adapun negara yang mengucapkan selamat atau memberikan komen positif terkait pelaksanaan pemilu Indonesia, baik melalui sosmed, release maupun ke media adalah Inggris, Korea Selatan, Palestina, Denmark, Thailand, Belanda, Afrika Selatan, Australia, Jerman, Kanada, Turki, dan Spanyol.

Perancis, Amerika Serikat, Afghanistan, Timor Leste, Iran, Singapore, Belgia, Norway, Rusia, Hongaria, Malaysia, Finland, Austria, Myanmar, Mesir, RRT, Vietnam, serta Pakistan juga memberikan selamat kepada Jokowi.

Ada juga statement dari organisasi Internasional antara lain, UE (Uni Eropa), OKI (Organisasi Konferensi Islam), sambung Dubes RI untuk Perancis itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here