Petugas Kebersihan Mulai Membersihkan Sampah Sejak Subuh di Taman Jalan Monas

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA – Setelah selesainya demonstrasi besar-besaran pada tanggal 4 November yang bertujuan untuk mendorong akan penegakan hukum terkait Penistaan Agama kepada Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 
Petugas Kebersihan Mulai Membersihkan Sampah Sejak Subuh di Taman Jalan Monas
Petugas Kebersihan Mulai Membersihkan Sampah Sejak Subuh di Taman Jalan Monas
Dan sejak subuh hari taman-taman yang ada di jalan sebelah barat kawasan ikonik Jakarta, Monas, mulai dibersihkan dari sampah-sampah sisa aksi demo damai kemarin. Terlihat pada di sekitar taman Jalan Medan Merdeka Barat pada hari Jumat,4 November 2016 saat malah hari jelang pergantian hari. 

Seluruh petugas Dinas Kebersihan Pemerintah Provinsi DKI menyapu sampah-sampah, dari pinggir jalan hingga taman. “eh, taman yang itu juga dibersihkan,” kata salah satu pengawas dari Suku Dinas Kebersihan Jakarta Pusat yaitu Bimbi Adinugroho, kepada seluruh petugas kebersihan yang berseragam oranye tersebut.

Sampah-sampah yang ada di taman tersebut sangat banyak mulai botol bekas air mineral, kertas-kertas yang bertuliskan slogan para demonstran, sandal, bekas selongsong gas air mata yang dilempar petugas saat bentrok, sampai kain handuk. Tidak ada mesin yang diturunkan untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di taman itu, mereka hanya memakai tangan dan sapu untuk memberseihkannya. 

Terdapat sekitar 50 orang petugas kebersihan berseragam oranye kemudian mereka berbagi pekerjaan. Ada beberapa yang bertugas menyapu sampah, dan ada juga yang bertugas untuk mengangkut sampah tersebut ke atas truk, sampai ada juga yang bertugas untuk mengawasi. Sampah-sampah yang ada di taman, mereka diberikan target supaya taman tersebut bersih sebelum matahari terbit.

“Taman ini harus terlihat bersih sebelum pagi tiba. Kita akan usahakan lah,” kata Bimbi. Dia mengatakan bahwa terdapat 400 petugas Dinas Kebersihan DKI atau yang biasa disebut pasukan oranye yang sudah di sebar di berbagai sudut, mulai dari kawasan Lintas Merdeka, kemudian Tugu Tani, lalu Jalan Veteran, sampai MH Thamrin. 

Mereka yang terus menerus membersihkan sampah-sampah sisa dari demonstrasi ribuan massa kemarin sampai benar-benar bersih. Dinas Kebersihan memungut dan mengangkut sampah tersebut dari taman. Akan tetapi untuk penataan taman akibat demo pasca kerusakan, maka Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI lah yang turun tangan menanganinya. 


Wali Kota Jakarta Pusat yaitu Magara Pardede menyatakan bahwa kerusakan taman tersebt masih belum tergolong parah. Akan tetapi kerusakan yang dikarenakan demonstrasi tersebut belum dihitung seberapa besar. “Pelaksana tugas dari Gubernur DKI segera memerintahkan semua kerusakan yang terjadi harus dengan segera diperbaiki,” kata Mangara pada saat berada di jalan depan Istana Merdeka. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here