Pemerintah telah Menyiapkan Dana Stimulus untuk Kerusakan Rumah Warga Pasca Gempa Bumi di Aceh

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA – Khofifah Indar Parawansa selaku Menteri Sosial mengatakan sejumlah donatur yang juga akan membantu untuk dapat memperbaiki bangunan yang telah rusak akibat pasca gempa di Aceh. Kemensos sendiri juga telah melaporkan hal tersebut langsung kepada Presiden Joko Widodo.
Pemerintah telah Menyiapkan Dana Stimulus untuk Kerusakan Rumah Warga Pasca Gempa Bumi di Aceh
Pemerintah telah Menyiapkan Dana Stimulus untuk Kerusakan Rumah Warga Pasca Gempa Bumi di Aceh
“Sejumlah lembaga amal dan juga filantropi pun menyampaikan kepada saya mengenai hal tersebut. Mereka juga berniat untuk mensupport dalam pembangunan rumah, madrasah, maupun pesantren di Aceh dan kami pun sudah melaporkannya kepada Presiden,” kata Khofifah pada saat berada di Desa Siron, Kabupaten Aceh Besar, pada hari Jumat,9 Desember 2016.

Mengenai pembangunan yang telah direncanakan tersebut, nantinya kami akan dipetakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Termasuk juga format dan siapa yang nantinya akan berkontribusi dalam perbaikan objek tertentu.



“Nanti semua yang diperlukan akan dipetakan langsung oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Formatnya akan seperti apa nanti dan siapa nantinya yang akan bergabung berkontribusi dalam perbaikan objek tertentu ini akan menyesuaikan pemetaan tersebut,” katanya.


Khofifah menyebutkan bahwa para donatur tersebut berasal dari wilayah Jakarta. Usai status tanggap darurat selesai, dia yang nantinya akan mengantar para donatur ke dalam lokasi kejadian. “Pasca tanggap darurat tersebut baru datang. Sesudah pada tanggal 20 Desember 2016 saya yang akan kembali untuk mengantarkan filantropi untuk membangun infrastruktur,” ujarnya.



Sebelum ini, berdasarkan data yang telah dikumpulkan untuk sementara ini dalam jumlah kerusakan seluruh bangunan akibat gempa bumi di kawasan Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, masih terus bertambah. Sampai dengan pagi hari ini sudah terkumpul sebanyak 11 ribu lebih rumah yang telah mengalami kerusakan akibat insideng ini.


“Sampai dengan pukul 06.00 WIB, jumlah laporan seluruh rumah yang rusak pada pukul 11.730. Dengan rincian yaitu sebanyak 2.929 rusak berat, 237 rusak sedang dan sebanyak 8.564 rumah mengalami rusak ringan,” kata petugas Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB, Yuyun Yuhana pada saat dikonfirmasi kembali pada pukul 10.05 WIB, pada hari Jumat,9 Desember 2016. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here