Orang Tua Paksa Anak Minati Suatu Bidang? Ini Dampak bagi Tumbuh Kembangnya
Orang Tua Paksa Anak Minati Suatu Bidang? Ini Dampak bagi Tumbuh Kembangnya
setiap anak pasti memiliki ketertarikan atau minat akan suatu hal, akan tetapi banyak orangtua yang memaksakan anak dengan bidang yang para orangtua inginkan, tapi hal tersebut sebenarnya akan membuat anak menjadi tertekan, misalnya anak tidak suka bermain musik lebih suka melukis tapi karena orang tua nya ingin yang terbaik untuk anak nya, mereka pun memberi les musik pada anak tersebut.
Mengenai masalah ini, Saskhya Aulia Prima MPai. Psikolog dari Tiga Generasi mengatakan bahwa kondisi orangtua yang cenderung memaksakan anaknya pada suatu bidang tertentu bisa jadi saat masa kecilnya orangtua itu tidak bisa wujudkan yang mereka minati makadari itu mereka ingin anaknya menggeluti bidang itu..
“Jadi para orangtua ingin anaknya melakukan itu, kenyataan nya hal ini bisa membuat si anak cenderung tidak mandiri dan inisiatifnya berkurang sehingga membuat si anak bergantung pada orangtua, karena mau melakukan apapun salah terus” kata Saskhya.
“Pada akhirnya ibu kebingungan saat anaknya mau es krim rasa apa, anak nya hanya diam saja lalu menjawab terserah karena biasa dipilihkan kan kasihan kalau begitu.”lanjut saskhya. Selain itu anak yang cenderung selalu dipaksakan orangtuanya akan menutup dirinya dan tidak terbuka dengan orangtuanya, sebab saat ingin mengutarakan sesuatu , anak sudah takut salah, bukan hanya itu saja karena selalu di atur oleh orangtuanya, kreativitas anaknya bisa terganggu, karena saat hendak mencoba sesuatu yang baru hal itu selalu dipendam saja.
Dan lagi saat anak melakukan kesalahan , anak ini akan selalu dihantui rasa bersalah pada orangtuanya, dan bisa saja anak tersebut dapat melakukan hal yang tidak-tidak agar orangtuanya tak memarahinya. lalu bagaimana para orangtua menanggapi hal tersebut ?
“Support dulu lalu dan di fasilitasi, sama seperti orang dewasa menyukai sesuatu tapi dipaksa melakukan yang dia tidak suka, tidak mau kan, begitu pula dengan anak cuma karena anak-anak tidak bisa mengutarakan apa pendapatnya seperti orang dewasa.” lanjut Saskhya.

Perpindahan anak dari satu bidang ke bidang lainnya menunjukkan kesiapan dalam belajar. saat anak sudah puas melakukan aktivitas nya tentu kemudian dia akan melakukan hal yang baru yang menunjukkan bahwa anak memiliki inisiatif yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here