Ombudsman Menghadiri Gelar Perkara Ahok Hanya Mengawasi Tidak Mengurusi Substansi

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA – Pihak Ombudsman RI pun ikut serta datang dalam gelar perkara yang diundang oleh Mabes Polri atas kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Adrianus Meliala selaku Komisioner Ombudsman RI mengatakan bahwa pihaknya memang benar akan ikut untuk menghadiri gelar perkara tersebut, akan tetapi hanya bertugas sebatas sebagai pengawas saja.
Ombudsman Menghadiri Gelar Perkara Ahok Hanya Mengawasi Tidak Mengurusi Substansi
Ombudsman Menghadiri Gelar Perkara Ahok Hanya Mengawasi Tidak Mengurusi Substansi
Adrianus juga mengungkapkan, kalau Ombudsman dimintai untuk menjadi penilai dan juga untuk memberikan pendapat mengenai atas kasus tersebut, maka permintaan tersebut telah ditolak dengan tegas. Adrianus Menegaskan bahwa pihaknya cuma sebagai sebatas pengawas saja dalam kasus perkara tersebut.


“Kalau kami dimintai menjadi seorang yang sebagai penilai dalam kasus tersebut, itu artinya kamilah yang nantinya akan memberikan suara dalam rangka hal dari hasil gelar perkara tersebut dan kami tidak menginginkannya. Kami tidak bertugas untuk mengurusi substansi. Kami ini hanya menjadi pengawas tidak lebih dalam rangka acara tersebut,” ujar  Adrianus kepada pada wartawan, pada hari Senin,14 November 2016.

Adrianus juga mengatakan bahwa, keterlibatan dengan Ombudsman itu hanya sebatas sebagai pengawas menurutnya tidak cuma untuk berlangsungnya kepentingan kasus Ahok semata saja. “Kelihatannya, hal tersebut akan menjadi sesuatu hal yang penting untuk dijadikan pelajaran untuk ke depannya. 


Contohnya saja, apakah hal tersebut nantinya dapat menjadi sebuah tradisi di kemudian hari, atau bagaimanakah formatnya nanti,” ucap Adrianus yang sebagai seorang pakar kriminologi dan kepolisian ini. “Jadi, dalam gelar perkara tersebut namanya adalah forum penyidik, dan kami ini datang hanya sebagai seorang tamu saja, dan tamu yang akan mengawasi berlangsungnya gelar perkara. jadi kami ini tidak akan ikut campur dalam hasilnya nanti,” sambungnya.

Tidak cuma Ombudsman saja bahkan dari pihak Kompolnas pun ikut diundang dalam acara gelar perkara kasus tersebut. Kompolnas pun sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir dalam acara gelar perkara tersebut. “Kompolnas yang akan menjaga supaya para penyidik Polri dapat bertindak secara obyektif dan diharuskan terbebas dari segala tekanan dari pihak manapun juga,” kata anggota Bekto Suprapto sebagai Kompolnas Irjen (Purn) ketika dihubungi pada hari Senin,14 November kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here