Melihat Karya WN Swiss Ruttiman Membangun Puluhan Jembatan di Pelosok Daerah RI
Melihat Karya WN Swiss Ruttiman Membangun Puluhan Jembatan di Pelosok Daerah RI
Melihat Karya WN Swiss Ruttiman Membangun Puluhan Jembatan di Pelosok Daerah RI

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA – Sudah tercatat dia membangun jembatan sebanyak 61 jembatan gantung. Walaupun Toni Ruttiman berkewarganegaraan Swiss, akan tetapi dia sangat peduli pada kehidupan masyarakat di macam-macam pelosok Indonesia. 

Kepedulian yang dimiliki oleh Ruttiman ini mucul pada saat dia melihat macam-macam berita di media massa mengenai anak-anak di pelosok Indonesia yang mengalami kesulitan saat berangkat ke sekolahan, siswa tersebut harus mempertaruhkan nyawa untuk menyeberangi jembatan atau melewati derasnya aliran sungai.

Hal tersebut membuat hatinya tergerak  dan memutuskan untuk berangkat ke Indonesia dan melakukan sesuatu dengan keahlian yang dimilikinya. Dengan membawa tekad yang kuat, dia mulai bergerak dari satu desa ke desa lainnya untuk membangun jembatan gantung. 

Ruttiman turun tangan langsung membimbing semua pekerja sewaktu membangun jembatan gantung, dia tidak hanya asal menunjuk saja seperti manor proyek. Dia juga mengajarkan masyarakat yang ada di sekitarnya bagaimana caranya membangun jembatan gantung yang baik dan juga kokoh. Dia pun mengambil beberapa tenaga kerja yang di Indonesia untuk dijadikannya sebagai staf dan Suntana adalah salah satunya.


Sampai sekarang, Ruttiman sudah 3 tahun berada di Indonesia dan tercatat sudah 61 jembatan gantung yang selesai dibangun oleh dia dan timnya itu. Kisah ini di bagikan oleh sosiolog yaitu Imam Prasodjo dalam akun Facebook-nya atas izin darinya. Imam pun membagikan foto-foto hasil jembatan gantung di macam-macam lokasi yang dihasilkan oleh Ruttiman dan juga masyarakat sekitar.

“Dan sekarang Ruttiman sudah berhasil membangun 61 jembatan gantung di berbagai pelosok daerah termasuk Banten, Jabar, Jateng, Jatim, bahkan sampai Sulawesi, Maluku Utara dan NTT,” kata Imam.

Dari gambar-gambar yang sudah dikirimkan Imam, terlihat di antara jembatan gantung yang dibangun oleh Ruttiman di  Sanggaroro (Kerirea, NTT), Penyaringan (Bali), Liakutu (NTT), Pamumbu (Sulawesi Selatan), Borowetan 2 (Jawa Tengah), Giritirto (Totogan, Jawa Tengah), Curug Luhur (Pabuaran, Jawa Barat), Buniwangi (Cipurut, Jawa Barat), Pasir Biru (Jawa Barat), Rano (Sulawesi Selatan), Kedungsari (Jawa Tengah), Karya Murni (Gorontalo).

Usaha yang Ruttiman lakukan untuk membangun seluruh jembatan gantung itu tidaklah mudah alias penuh dengan perjuangan. Dia yang mengumpulkan bahan baku untuk membangun jembatan gantung tersebut dari negerinya di Swiss, bahkan dia sampai mengusahakan mendapatkan bantuan pipa dari perusahaan ternama yang dikenal sangat baik olehnya seperti Tenaris, supaya bersedia mengirimkan bantuan pipa tiang jembatan dari Argentina ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here