Jokowi Membicarakan Mengenai Sikap Ksatria dan Untuk Tidak Besikap Sok Jagoan

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA – Presiden Joko Widodo pada saat berada di atas satu panggung bersama dengan Prabowo Subianto ketika dalam penutupan Pencak Silat for The World dikawasan Denpasar, Bali. Pada saat itu, Jokowi membicarakan mengenai nilai-nilai daipada beladiri pencak silat, di antaranya adalah mengenai sikap ksatria. 
Jokowi Membicarakan Mengenai Sikap Ksatria dan Untuk Tidak Besikap Sok Jagoan
Jokowi Membicarakan Mengenai Sikap Ksatria dan Untuk Tidak Besikap Sok Jagoan

“Saat saya membaca di media, Pak Prabowo ketika membuka acara ini tempo hari mengatakan bahwa kejuaraan di dalam dunia pencak silat telah menjadi ajang silaturahmi dalam antarnegara. Memang hal ini sungguh membanggakan bangsa Indonesia sendiri dengan melihat 40 negara di dunia berkumpul menjadi satu,” kata Jokowi pada saat berada di GOR Lilla Bhuana di Denpasar, Bali pada hari Kamis,8 Desember 2016.

Prabowo yang saat itu hadir sebagai Presiden dari Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat). Kejuaraan ini pun telah diikuti oleh 40 negara dan Negara Indonesia yang berhasil memperoleh medali terbanyak dibandingkan dengan Negara lainnya. 

“Kita semua memang berbeda bahasa, bangsa, akan tetapi di sini kita semua dapat saling berkomunikasi dengan pencak silat, yang merupakan sebuah seni beladiri yang berasal dari bangsa Indonesia yang dapat memperkuat mental karakter kia masing-masing. Dengan segala kepintaran, kebebatan, jika kalah, kalah dengan kesabaran, kalah dengan keikhlasan,” katanya. 


Menganai pencak silat, Jokowi pun juga menyinggung tentang adegan dalam film ‘The Raid’. Baginya, gaung pencak silat memang sudah seharusnya mendunia. “Saya ingat dalam film kita yang berjudul The Raid, dengan aktor-aktornya yang memang juga seorang jagoan silat seluruhnya. Sekarang ini mereka terkenal di dalam dunia film secara internasional. Maka dari itulah memang sudah sepantasnya, sudah seharusnya pencak silat mempunyai kiprah di seluruh dunia,” kata Jokowi. 


Tidak hanya tentang prestasi saja, Jokowi pun ikut bicara mengenai nilai-nilai dalam olahraga pencak silat. Nilai-nilai tersebut juga harus dikenal dunia. “Bukan hanya ilmu beladirinya yang mendunia, tapi juga nilai-nilai sikap ksatria, tidak sok jagoan dan suka menolong orang lain,” tegasnya. Jokowi menegaskan bahwa pemerintah Indonesia akan memberi dukungan agar pencak silat dapat dipertandingkan di Olimpiade. Dia juga mengucapkan selamat kepada para atlet yang memperoleh medali. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here