Jangan Pernah Pakai Kartu Kredit untuk Membayar Cicilan Rumah Sampai Pernikahan, Kenapa?

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA – Salah satu keuntungan dalam memiliki kartu kredit adalah dapat melakukan transaksi pembelian barang dengan mudah walaupun tidak mempunyai uang. Pembayaran juga bisa dilakukan pada bulan berikutnya. Barang impian pun dengan mudah didapatkan, pembayarannya menyusul, ditambah lagi dengan banyaknya bonus. Asyik kan? Tetapi hal tersebut jika yang memilikinya disiplin dalam menggunakan kartu kredit tersebut. 

Jangan Pakai Kartu Kredit untuk Bayar Cicilan Rumah Hingga Pernikahan, Kenapa?
Jangan Pakai Kartu Kredit untuk Bayar Cicilan Rumah Hingga Pernikahan, Kenapa?

Dan artinya, dalam pembayarannya akan dibayar dengan lunas pada bulan berikutnya sebelum tanggal jatuh tempo tiba sehingga hal ini bebas dari beban bunga jika kita menunda pembayarannya. Sekarang ini, rata-rata bunga pada kartu kredit telah dipatok pada angka sebesar 2,35% per bulannya. Tetapi, kartu kredit malah bisa menjadi boomerang atau beban berat bagi si pengguna tersendiri jika kita tidak dipakai untuk hal-hal yang tidak seharusnya. 


Perlu untuk kita semua ketahui bahwa kartu kredit bukanlah sebuah alat untuk dapat menambah uang akan tetapi ini adalah sebuah alat sebagai pembayaran. Benarkah kartu kredit tidak tepat untuk dipakai membayar cicilan KPR, kendaraan, pendidikan, biaya pernikahan, dan biaya rumah sakit?. Eko Endarto yang sebagai Perencana Keuangan telah mencoba memberikan sebuah pandangan.


Bagi Eko, kartu kredit sebaiknya hanya dipakai untuk melakukan transaksi rutin saja misalmya belanja bulanan ataupun transaksi yang dapat dilakukan pembayarannya dalam jangka pendek. Artinya, dalam transaksi yang dilakukan saat ini dan akan dibayar pada bulan berikutnya. Selain itu, pastikan kalau kita memiliki dana untuk dapat membayar tagihan ataupun kartu kredit pada bulan berikutnya. Sedangkan untuk membayar cicilan KPR, kendaraan, pendidikan, biaya pernikahan, sampai dengan pembayaran biaya rumah sakit tidak bagus jika dibayarkan dengan menggunakan kartu kredit.

Apakah sebabyang akan dtimbulkan?

Pada cicilan-cicilan yang telah disebutkan di atas itu merupakan sebuah transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu panjang. Dikhawatirkan jika pada bulan-bulan berikutnya, ketika kondisi keuangan sedang tidak stabil, cicilan pun menjadi nunggak, sedangkan bunga pada kartu kredit berjalan terus tanpa henti dan angkanya juga tidaklah kecil. Karena itulah, sebaiknya jika kita membayarnya hanya dengan menggunakan uang cash (tunai) saja.


Meski demikian, biaya rumah sakit bisa saja menggunakan kartu kredit jika memang kondisinya mendesak. Misal, cashflow membengkak saat harus membayar ruah sakit, sementara biaya tersebut harus segera dilakukan. Maka, pembayaran menggunakan kartu kredit bisa jadi pilihan. Asal, dipastikan bulan depan, ada uang untuk membayar tagihannya.

“Saran saya, kalau pun nggak bisa bayar lunas, paling nggak 30% jangan 10% atau minimum pembayaran, karena kan sisa yang belum dibayar akan kena bunga. Jadi untuk cicil mobil, KPR, nggak boleh, hanya untuk darurat saja,” tandasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here