Besok Bareskrim Akan Mengadakan Gelar Perkara Ahok dan Berbagai Pihak telah Diundang

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA – Pada hari Selasa besok pihak Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Kepolisian RI akan mengadakan gelar perkara terkait kontroversi pidato yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diduga telah menistakan agama Islam. 
Besok Bareskrim Akan Mengadakan Gelar Perkara Ahok dan Berbagai Pihak telah Diundang
Besok Bareskrim Akan Mengadakan Gelar Perkara Ahok dan Berbagai Pihak telah Diundang
Jenderal Tito Karnavian yang sebagai Kepala Kepolisian RI menjelaskan bahwa sampai sekarang ini tidak terdapat masalah yang terjadi dalam rencana melangsungkan gelar perkara kasus tersebut. 

Pelaksanaan Gelar perkara akan berlangsung didalam gedung Mabes Polri yang bertempat di jalan Trunojoyo, di Jakarta Selatan. Dalam pelaksanaan gelar perkara tersebut, kata Tito, sang pelapor dan juga saksi ahli akan dihadirkan dalam gelar perkara tersebut, sama juga dengan pihak Ahok yang sebagai terlapor dan juga saksi yang dia ajukan pun akan dihadirkan juga. 
Pihak Bareskrim juga akan membawa para saksi ahli yang telah diajukan oleh penyelidik. Sedangkan dari pihak netral yang kan hadir yaitu Komisi Kepolisian Nasional serta Ombudsman. Akan tetapi Kompolnas dan juga Ombudsman cuma mengawasi saja dan tidak mempunyai hak untuk bicara. 

“Besok kami akan menggelar perkara. pihak pelapor serta saksi ahlinya juga akan dihadirkan begitu juga dengan pihak terlapor beserta saksi ahlinya pun akan dihadirkan dalam persidangan. Lalu para saksi ahli yang dibawa oleh penyidik juga akan dihadirkan. Sesudah itu akan ada juga yang hadir dari yang netral seperti Ombudsman dan Kompolnas, nantinya mereka tidak diperbolehkan untuk bicara, mereka hanya bertugas untuk mengawasi saja,” jelas Jenderal Tito kepada para wartawan setelah berakhir upacara HUT yang ke-71 di Korps Brimob tepatnya di lapangan Mako Brimob, di Depok, Jawa Barat

Bagi Tito, pada saat pembukaan dalam gelar perkara, semua wartawan akan dipersilakan untuk masuk. Akan tetapi pada saat sudah memasuki pada permasalahan inti gelar perkara, semua para juru wartawan akan diminta untuk keluar. “Hal ini dikarenakan produknya pada tingkat penyelidikan tersebut tidak boleh dilakukan secara terbuka,” ujar Tito. 
“Hal ini bersifat hanya untuk memberi masukan setelah itu selesai, tidak akan ada perdebatan. Sesudah itu para penyelidiklah yang akan mengambil kesimpulan. Kesimpulan tersebut akan diberitahukan paling lambat pada hari Rabu,16 November 2016,” lanjut Tito. Kemudian bagaimana dengan Ahok ? “(Ahok) akan kita undang dalam gelar perkara, boleh datang boleh juga tidak, Tapi jika ingin datang kami persilahkan.” kata Tito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here