Berdasarkan Survei Poltracking Cagub Ahok Terpopuler Sementara Cagub Agus Yudhoyono Paling Disukai

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA – Poltracking Indonesia telah melakukan sejumlah survei mengenai penilaian akan karakter dan kualitas dari personal dari calon gubernur DKI Jakarta. Poltracking menanyakannya dengan spontan kepada seluruh masyarakat di Jakarta apakah yang terlintas di dalam pikiran mereka semua pada saat mendengar nama para Cagub DKI.
Berdasarkan Survei Poltracking Cagub Ahok Terpopuler Sementara Cagub Agus Yudhoyono Paling Disukai
Berdasarkan Survei Poltracking Cagub Ahok Terpopuler Sementara Cagub Agus Yudhoyono Paling Disukai
Hanta Yuda AR selaku Direktur Eksekutif dan Riset Poltracking Indonesia mengatakan bahwa terdapat sebanyak 19,20% dari sejumlah warga mengenal sosok Agus itu sebagai putra dari SBY, Ahok dikenal sebagai seseorang yang tegas sebanyak 23,70%, sementara Anies dikenal sebagai mantan penjabat Mendikbud sebanyak 21,25%. Selain itu, ada juga beberapa warga yang juga menjawab kalau Agus sebagai sosok militer dan ganteng, Ahok sebagai seorang sosok kasar sekaligus sebagai petahana. Sedangkan Anies sebagai sosok yang santun dan juga cerdas.

“Pada saat disebutkan nama Agus Yudhoyono secara spontan masyarakat menjawab, putra dari SBY, seorang militer dan ganteng. Saat disebutkan nama Ahok, publik mengatakan dia sangat tegas, kasar dan petahana. Ketika disebutkan nama Anies, publik hanya berkata dia seorang Mendikbud (walaupun sudah tidak lagi menjabat), santun dan cerdas,” kata Hanta saat berada di Hotel Sofyan Betawi, di Menteng, Jakarta Pusat pada hari Minggu,25 November.

Poltracking yang telah mengadakan survei tersebut pada tanggal 7-17 November 2016. Survei tersebut menggunakan metode dari Multistage Random Sampling dengan dikumpulkannya 1200 responden dari masyarakat. Margin of Error dari hasil survei tersebut yaitu sebanyak 2,8% dengan tingkat pada kepercayaannya sebanyak 95%. Contoh tersebarnya dari seluruh kota yang berada di Jakarta. Cagub DKI pada nomor urut ke-2, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi sosok paling terpopuler didalam kontestasi Pilkada DKI 2017 selama ini. 

Begitu juga sebaliknya, Cagub Agus Yudhoyono, yang menjadi seorang figur yang paling disukai oleh publik Jakarta. Seperti itulah hasil survei Poltracking Indonesia yang dilakukan pada periode 7-17 November 2016. Poltracking Indonesia menggunakan metode Multi-stage Random Sampling dalam surveinya, dengan melibatkan partisipan sebanyak 1200 orang dan margin of error survei tersebut sebesar 2,8 persen.

“Terkait popularitas, nama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 94,80 persen, Agus Yudhoyono 87,50 persen, Anies Baswedan 85,90 persen, paling dikenal publik,” kata Direktur Eksekutif dan Riset Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR di Sofyan Hotel Betawi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (27/11).

Sementara itu, terkait akseptabilitas atau tingkat kesukaan, nama Agus paling disukai oleh publik Jakarta. “Terkait akseptabilitas, Agus Harimurti Yudhoyono 73,83 persen, Anies Baswedan 71,67 persen dan Sandiaga Uno 62,43 persen, paling disukai publik,” imbuh Hanta. Lebih lanjut jika disimpulkan, dari ketiga Cagub DKI, Agus Yudhoyono menjadi yang paling disukai masyarakat Jakarta sedangkan Ahok jadi yang paling terakhir. 

Namun, Ahok adalah figur yang paling dikenal oleh publik Jakarta dibandingkan 2 calon lainnya, Agus dan Anies. “Ketiga calon gubernur sudah sangat populer, yang kenal sudah di atas 85 persen. Berdasarkan tingkat kesukaan, yang menyukai Ahok hanya 60 persen, di bawah Agus (73.83 persen) dan Anies Baswedan (71.67 persen),” terang Hanta. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here