Latin Brides for Marriage

Wednesday, June 20, 2018

9 Fakta Menarik Timnas Garuda dalam Perhelatan Piala AFF dari Tahun ke Tahun


Sepakbola merupakan olahraga yang mampu menarik perhatian siapa saja di jagat raya. Mulai dari tua, muda, pria dan wanita semua menyukai sekali olahraga yang mempertemukan 2 tim dalam 1 lapangan. Setiap tahunnya atau beberapa tahun sekali di berbagai penjuru dunia diadakan kejuaraan sepakbola untuk meraih gelar yang terbaik dari sebuah tim sepakbola baik klub maupun timnas suatu negara.

Sebagai kompetisi sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, gelaran Piala ASEAN Football Federation(AFF) kerap menjadi ajang paling bergengsi timnas negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Timnas Garuda telah mengalami naik turun prestasi di sepanjang penyelenggaraan Piala AFF sejak pertama kali di gelar pada tahun 1996 silam dengan nama Piala Tiger. Dalam gelaran AFF pula timnas Garuda mencatat fakta menarik, apa saja faktanya?. Simak 9 diantaranya yang dihimpun dari Esquire Indonesia.

1). Fakta ke-1 adalah, Indonesia telah mengantongi 27 kemenangan dan 15 kekalahan dalam penyelenggaraan Piala AFF selama ini. Jumlah ini juga sudah termasuk pada laga knock-out via adu penalt di beberapa pertandingan yang penting dan krusial.

Fakta pertama adalah, Indonesia telah mengantongi 27 kemenangan dan 15 kekalahan dalam penyelenggaraan Piala AFF selama ini. Jumlah tersebut sudah termasuk pada laga knock-out via adu penalt di beberapa pertandingan yang penting dan krusial.

2). Berbicara tentang jumlah gol nih pulsker, timnas kita tidak kalah jago. Karena sudah Tercatat sebanyak 140 gol berhasil disarangkan oleh Timnas Garuda dan sebanyak 78 kali kebobolan gawang. Hasil ini dihitung dari tiap gelaran Piala AFF yang diikuti oleh timnas Indonesia.

Ngomongin tentang jumlah gol nih pulsker, timnas kita tak kalah jago lho. Tercatat sebanyak 140 gol berhasil disarangkan oleh Timnas Garuda dan sebanyak 78 kali kebobolan gawang. Hasil ini dihitung dari tiap gelaran Piala AFF yang diikuti oleh timnas Indonesia.

3). Indonesia juga sangat jago dalam mencetak jumlah gol pulsker. Jika ditanya, siapakah yang paling subur mencetak gol dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Piala AFF, jawabannya adalah Kurniawan Dwi Yulianto dengan total 13 gol. Sayangnya, pesepakbola berjuluk (Si Kurus) ini belum pernah sama sekali meraih gelar topskor. Kurniawan hanya unggul 1 gol dari bintang sepak bola Bambang Pamungkas.  hanya selisih 1 saja pulsker. Tetapi soal kemahiran mereka di lapangan hijau jangan ditanya lagi.

Indonesia juga jago dalam mencetak jumlah gol pulsker. Jika ditanya, siapa yang paling subur mencetak gol dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Piala AFF, jawabannya adalah Kurniawan Dwi Yulianto dengan total 13 gol. Sayangnya, pesepakbola berjuluk Si Kurus ini belum pernah meraih gelar topskor. Kurniawan hanya unggul satu gol dari bintang sepak bola Bambang Pamungkas. Wah, hanya selisih satu saja pulsker. Tapi soal kemahiran mereka di lapangan hijau jangan ditanya.

4). Tahukah kalian semua bahwa Indonesia pernah mendapatkan kemenangan terbesar. Kala waktu itu timnas kita menang 13-1 melawan Filipina pada gelaran tahun 2002 silam. Tapi ironisnya nih pulsker, Indonesia mengalami kekalahan besar 4 - 0 pada tahun 2014 lalu oleh lawan yang (sedihnya) sama, Filipina.

Nah, tahukah kalian bahwa Indonesia pernah mendapatkan kemenangan terbesar lho. Kala itu timnas kita menang 13-1 melawan Filipina pada gelaran tahun 2002 silam. Tapi ironisnya nih pulsker, Indonesia mengalami kekalahan besar 4-0 pada 2014 lalu oleh lawan yang (sedihnya) sama, Filipina..

5). Kalau pelatih yang sering mendampingi timnas Indonesia dalam gelaran AFF ya Alfred Riedl. Riedl merupakan pelatih yang paling sering mengawal Timnas Garuda dalam sejarah penyelenggaraan Piala AFF, yakni pada tahun 2010, 2014, dan 2016. Lumayan lama ya pulsker, pantas saja jika chemistry antara pelatih dan pemain terjalin baik.

Kalau pelatih yang sering mendampingi timnas Indonesia dalam gelaran AFF ya Alfred Riedl. Riedl merupakan pelatih yang paling sering mengawal Timnas Garuda dalam sejarah penyelenggaraan Piala AFF, yakni pada 2010, 2014, dan 2016. Lumayan lama ya pulsker, pantas saja jika chemistry antara pelatih dan pemain terjalin baik.

6). Sejauh penyelenggaraan Piala AFF, Indonesia pernah menempatkan 4 pemainnya sebagai topskor. Yakni Bambang Pamungkas, Ilham Jaya Kesuma, Gendut Doni, dan Budi Sudarsono. Selain itu pulsker, gelar pemain terbaik juga pernah diraih oleh pesepakbola tanah air, yakni Firman Utina pada gelaran Piala AFF tahun 2010 silam.

Sejauh penyelenggaraan Piala AFF, Indonesia pernah menempatkan empat pemainnya sebagai topskor lho. Yakni Bambang Pamungkas, Ilham Jaya Kesuma, Gendut Doni, dan Budi Sudarsono. Selain itu pulsker, gelar pemain terbaik juga pernah diraih oleh pesepakbola tanah air, yakni Firman Utina pada gelaran Piala AFF 2010 silam.

7). Soal pemain muda, Indonesia punya segudang pemain muda salah satunya merupakan Boaz. Boaz Salossa adalah pemegang rekor pemain temuda yang masuk dalam skuat Timnas Garuda, yakni 18 tahun pada tahun 2004 silam, dan secara impresif langsung mencetak gol di partai pembuka kontra Laos. hebat juga nih si Boaz baru awal laga sudah mencetak gol ya pulsker.

Soal pemain muda, Indonesia punya segudang pemain muda salah satunya adalah Boaz. Boaz Salossa merupakan pemegang rekor pemain temuda yang masuk dalam skuat Timnas Garuda, yakni 18 tahun pada 2004 silam, dan secara impresif langsung mencetak gol di partai pembuka kontra Laos. Wah, hebat juga nih si Boaz baru awal laga sudah mencetak gol ya pulsker.

8). Negara kita juga pernah menjadi tuan rumah perhelatan kejuaraan sepakbola bergengsi di Asia Tenggara ini pulsker. Indonesia pernah tiga kali menjadi tuan rumah gelaran Piala AFF, yakni pada tahun 2002, 2008, dan 2010 lalu.

Negara kita juga pernah menjadi tuan rumah perhelatan kejuaraan sepakbola bergengsi di Asia Tenggara ini pulsker. Indonesia pernah tiga kali menjadi tuan rumah gelaran Piala AFF, yakni pada 2002, 2008, dan 2010 lalu.

9). Fakta terakhir ini, Indonesia belum pernah juara Piala AFF sejak pertama kali digelar. Lalu, apakah pada Piala AFF Suzuki 2016, Indonesia mampu meneruskan laju gemilangnya mengangkat tropi juara?. Kita doakan saja ya pulsker.

Fakta terakhir nih, Indonesia belum pernah juara Piala AFF sejak pertama kali digelar. Lalu, apakah pada Piala AFF Suzuki 2016, Indonesia mampu meneruskan laju gemilangnya mengangkat tropi juara?. Kita doakan saja ya pulsker.

Post Comment