Latin Brides for Marriage

Saturday, November 5, 2016

Berlangsung Sejuk Demo 4 November Hanya Sampai Pukul 18.00

Berlangsung Sejuk Demo 4 November Hanya Sampai Pukul 18.00

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA - Presiden Joko Widodo berterima kasih kepada seluruh para ulama dan juga kyai yang telah memimpin demo pada 4 November 2016. Demo hingga maghrib berjalan dengan sejuk. 

"Sebagai negara yang demokrasi, sudah seharusnya kita saling menghargai akan proses untuk penyampaikan aspirasi lewat unjuk rasa yang telah dilakukan pada hari ini dengan cara pelaksanaan yang sangat tertib dan juga damai," kata Jokowi pada saat konferensi pers di Gedung Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada hari Sabtu,4 November 2016 dini hari. 
Berlangsung Sejuk Demo 4 November Hanya Sampai Pukul 18.00
Berlangsung Sejuk Demo 4 November Hanya Sampai Pukul 18.00

Jokowi yang ditemani oleh Panglima TNI yaitu Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, serta Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, dan juga Menko Polhukam Wiranto, dan Menag Lukman Hakim. 


"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh para ulama, kyai, habib, ustaz yang sudah memimpin seluruh umatnya untuk demo yang menyejukkan sehingga sampai maghrib semua berjalan dengan tertib dan juga damai," ucapnya. Pernyataan konferensi pers tersebut disampaikan oleh Jokowi usai memimpin rapat yang terbatas malam tadi bersama dengan semua para menterinya.


Berikut ini adalah 4 kesejukan yang telah dijalani pada saat demonstrasi 4 November 2016 kemarin:

Ketika Rombongan LSM Gaza yang berasal dari Jawa Barat hadir di Masjid Istiqlal yang bertujuan untuk mengikuti demonstrasi yang menuntut atas penyelesaian terkait kasus dugaan penistaan agama terhadap Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Satu mobil pikap yang berisi tanaman telah disiapkan untuk mengganti tanaman yang kemungkinan akan dirusak oleh semua peserta demonstrasi hari itu.

"Kami sudah tiba di Mesjid Istiqlal, cuma mobil pikap yang berisikan tanaman masih belum tiba. Kalau telah tiba disini akan kami berikan tanaman tersebut kepada Dinas Pertamanan Pemprov DKI," ujar Ketua LSM yaitu Gaza Dody Permana, pada hari Jumat,4 November 2016 kemarin.


Terdapat atau tidaknya tanaman yang kemungkinan akan dirusak oleh massa pada saat aksi demo nanti, pihaknya akan tetap menyerahkan tanaman tersebut kepada Pemprov DKI Jakarta. Kalau tidak diterima, maka tanaman tersebut akan diberikan kepada Masjid Istiqlal. "Kalau Pemprov tidak menerimanya, kami akan memberikannya kepada para pengelola Masjid Istiqlal," katanya.

Aksi simpatik dilakukan seorang pria dan wanita di tengah demo 4 November. Di tengah keriuhan massa, keduanya memungut sampah dengan berbekal kantung plastik besar. Pria berpeci itu membawa kantung plastik berwarna hitam, sedangkan sang wanita memungut sampah. Bergerak ke berbagai titik di persimpangan antara Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng, Jumat (4/11/2016)


Kehadiran pria dan wanita pemungut sampah itu membuat pendemo berinisiatif memberikan botol minuman yang hampir habis isinya. Mereka memasukkan sampah ke kantong sampah yang dibawa pria tersebut. Mayoritas sampah berupa botol minuman. Sisanya sampah plastik bekas makanan.


Selain kedua orang tersebut, terdapat juga sejumlah kelompok para relawan dengan Gerakan untuk Membersihkan Masjid (Gemas) dari Mualaf Center Indonesia, yang bertugas khusus untuk membersihkan semua sampah yang ada di sekitaran masjid Istiqlal.


"Ini kan adalah rumah Allah, jadi sudah seharusnya bersih. Maka dari itu kami pun tergerak untuk dapat melakukan aksi nyata kami," kata salah satu relawan yang bernama Jay 28 tahun. Jay mengatakan, dia bersama dengan rekan relawan yang lainnya sekarang ini hanya memfokuskan diri untuk membersihkan seluruh sampah yang ada di Masjid Istiqlal. "Kami memprioritaskan kebersihan dulu, sesudah itu kalau memang sempat baru ikut serta dalam demo aksi damai," katanya.

Polwan berjilbab juga ikut serta untuk mengamankan demonstrasi yang diadakan secara besar-besaran yan menuntut akan pengusutan terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Di saat bertugas, semua para Polwan berjilbab tersebut mendapatkan hadiah dari para pendemo.


Terdapat sebanyak 10 Polwan yang juga ikut serta berjaga di depan kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan yang tepatnya di Jl Medan Merdeka Timur, pada hari Jumat,4 November 2016. Di tengah-tengah para pendemo, ada beberapa massa yang juga mendatangi para anggota Polwan tersebut. Bukan bertujuan untuk membuat kericuhan, akan tetapi untuk memberikannya hadiah seperti bunga mawar merah.

Seluruh Polwan yang berjilbab tersebut mendapatkan bunga mawar merah. Mereka kemudian memegang bunga mawar merah tersebut sembari tersenyum-senyum. "Bunga ini kami dapat dari para pendemo tadi," kata salah satu seorang Polwan yang sambil memegang erat bunga mawar merahnya itu.

Massa yang menggunakan beratribut HMI yang masih bertahan di Jalan Majapahit di depan Gedung Istana Negara, Jakarta Pusat meminta kepada seluruh petugas kepolisian yang bertugas untuk berjaga-jaga agar diperbolehkan untuk melewati perempatan Jalan Majapahit yang menuju ke arah jalan Medan Merdeka Barat, pada hari Jumat,4 November 2016 malam hari.


Polisi yang langsung membentuk formasi pagar betis untuk menutup akses jalan massa HMI yang ingin menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat. Dan yang mengejutkannya lagi, pada depan barisan polisi yang bertameng tersebut, terdapat sejumlah massa FPI yang juga berdiri membentuk pagar betis bersama dengan para anggota polisi. Massa FPI yang langsung bergandengan tangan, seakan ingin membantu polisi menjadi tameng bagi polisi. Massa yang beratribut HMI kemudian mereka melakukan negosiasi dengan semua massa FPI agar diperbolehkan untuk melanjutkan lagi aksi demonya malam itu juga.


Akan tetapi, seluruh masa FPI sama sekali tidak memberikan respons kepada massa beratribut HMI itu, begitu juga dengan para anggota petugas Brimob yang sudah berjaga-jaga di jalan perempatan tersebut. Sesekali seluruh masa yang beratribut HMI tersebut meneriakkan yel-yelnya yaitu "Hati-hati, hati-hati dengan para provokasi," kata salah satu masa pendemo yang beratribut HMI tersebut.

Post Comment