Latin Brides for Marriage

Sunday, October 9, 2016

Inilah Cara untuk Deteksi Sejak Dini Kanker Payudara dengan Melakukan 'Sadari'

Inilah Cara untuk Deteksi Sejak Dini Kanker Payudara dengan Melakukan 'Sadari'
Inilah Cara untuk Deteksi Sejak Dini Kanker Payudara dengan Melakukan 'Sadari'

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA - Berikut ini adalah cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini agar bisa lebih cepat teratasi. Dengan demikian, peluang para pasien untuk sembuh akan lebih besar. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi sejak dini kanker payudara yang mudah yaitu dengan melakukan 'Sadari' atau dengan kata lain memeriksa payudara sendiri.

Linda Amaliasari Gumelar selaku Ketua Umum Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mengatakan hal tersebut dapat dilakukan dirumah dan dilakukan oleh seluruh wanita agar bisa menemukan benjolan yang mencurigakan.

"Kalau kanker payudara bisa terdeteksi sebelum ke tahap stadium lanjut, perkiraan kanker payudara untuk sembuh hingga 98 persen. Hal ini juga penting untuk memeriksa bentul benjolan apapun yang mencurigakan. Jangan merasa takut ataupun malu untuk memeriksanya," ucap Linda.

dr Walta Gautama SpB(Onk) menjelaskan kalau Sadari ini sangat penting untuk dilakukan oleh pria meskipun perkiraan pria akan terkena kanker payudara cuma sekitar 1 persen. Bedanya hanya pada area yang diperiksa cuma sebatas puting saja, karena pada dada pria, kelenjar payudaranya tidak berkembang.


Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk melakukan Sadari tersebut ? mari, kita menyimak penjelasan berikut ini :
  • Pertama-tama berdiri di depan cermin sambil lengan menjuntai kebawah, kemudian perhatikanlah apakah terdapat benjolan atau perubahan bentuk serta ukuran payudara.
  • Langkah kedua, angkat kedua lengan ke belakang kepala, kemudian ulangi kembali pemeriksaan pada sisi samping tubuh.
  • Langkah ketiga, tekan dengan kuat tangan anda dibelakang pinggul lalu gerakan lengan juga siku ke depan di baerngi dengan mengangkat bahu. Gerakan ini akan menegangkan otot pada payudara anda dan dapat membuat benjolan tersebut  sangat mudah untuk dilihat.
  • Langkah keempat, Angkat lengan sebelah kiri kemudian raba payudara dengan jari telunjuk, jari tangah, dan jari manis tangan kanan. Kemudian lakukan gerakan memutar, lalu keatas dan kebawah serta gerakan dari tengah keluar untuk meraba adanya benjolan tersebut. 
  • Langkah kelima yaitu pencet secara pelan puting payudara anda, kemudian perhatikan pada puting anda apakah keluar cairan yang tidak normal..
  • Langkah yang terakhir adalah dengan berbaring sambil tangan sebelah kiri dengan posisi dibelakang kepala. Letakkan bantal kecil dibawh bahu kanan. Lalu raba seluruh permukaan payudara sebelah kiri dengan gerakan memutar dari tengah keluar atau dari atas ke bawah. Ulangi gerakan yang sama untuk memeriksa payudara kembali payudara sebelah kanan.

Post Comment