Latin Brides for Marriage

Tuesday, September 27, 2016

Pecahan Roket Falcon 9 Diduga Jatuh di Sumenep

Pecahan Roket Falcon 9 Diduga Jatuh di Sumenep
Pecahan Roket Falcon 9 Diduga Jatuh di Sumenep
Pecahan Roket Falcon 9 Diduga Jatuh di Sumenep

Berita Terlengkap Dan Terpercaya By PAGIASIA - Pecahan Roket Falcon 9 Diduga Jatuh di Sumenep. Saat tabung bahan bakar itu jatuh, roket tersebut sedang membawa sebuah satelit menuju ke orbitnya. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan bahwa benda yang jatuh di kawasan Sumenep, Jawa Timur  merupakan tabung bahan bakar roket Falcon 9. 

Thomas Djamaluddin selaku Kepala LAPAN menyatakan bahwa roket Falcon 9 yang telah diluncurkan pada tanggal 14 Agustus 2016 lalu dari sebuah stasiun angkatan udara Cape Canaveral di negara Florida, Amerika Serikat. Roket itu membawa sebuah satelit komunikasi JCSAT 16 milik perusahaan SKY Perfect JSAT Group. 

Rencananya roket tersebut akan membawa satelit sampai orbit transfer ke 34.000 kilometer. Menurut foto yang didapat dari LAPAN, dapat dilihat kalau Indonesia telah menjadi salah satu lintasan orbit yang dilewati oleh roket Falcon 9. Selain Indonesia, negara lain yang juga menjadi lintasan orbit tersebut adalah Papua Nugini dan North Australia.

Thomas mengatakan bahwa Roket Falcon 9 ini punya 2 tingkatan yaitu roket pendorong untuk mencapai orbit 34.000 kilometer yang ditujunya. Roket pertama telah berhasil mendarat lagi di stasiun angkatan udara Cape Canaveral. Sementara roket kedua merupakan roket yang membawa satelit JCSAT 16 menuju ke orbit tujuannya.

Baca Juga : Leicester Andalkan 'Si Pembunuh Naga' Untuk Menghadapi Porto

"Dalam tingkat ke-2 roket Falcon 9 yang diluncurkan membawa satelit JCSAT 16 pada tanggal 14 Agustus 2016 dari Cape Caneveral, Amerika Serikat," ujar Thomas Djamaluddin selaku Kepala LAPAN pada hari Selasa, 27 September 2016 melalui pesan singkat.

"Roket Falcon 9 ada 2 tingkatan yaitu pada saat Roket pertama telah berhasil mendarat Lalu disambungkan oleh roket kedua yang membawa satelit sampai ketinggian 34.000 kilometer," lanjut Thomas. 

Thomas memastikan bahwa tabung bahan bakar yang jatuh di Sumenep adalah bagian yang tersisa dari roket Falcon 9 tingkat kedua. "Ini adalah tabung sisa bahan bakar dari roket tersebut," katanya.

Sebelum pada bagian dari tabung bahan bakar yang berasal dari roket Falcon 9 dengan nomer seri 41730 terjatuh di Kecamatan Gili Raja dan Giligenting, Sumenep, Jawa Timur. Tabung itu berbentuk silinder dengan panjang 1,5 meter dan diameter 60 centimeter. Roket Falcon ini dipastikan sudah melewati langit di kawasan Madura pukul 09.21 WIB dengan ketinggian mencapai 129 KM.

Baca Juga : Begini Penjelasan Mengapa Sebagian Orang Memiliki Pantat Besar

Post Comment