Latin Brides for Marriage

Friday, September 9, 2016

Korut Kembali Uji Coba dengan Daya Ledaknya Terbesar

Korut Kembali Uji Coba dengan Daya Ledaknya Terbesar
Korut Kembali Uji Coba dengan Daya Ledaknya Terbesar
Agent Judi Bola Terpercaya - Uji coba nuklir terbaru yang digelar Korea Utara (Korut) pada Jumat (9/9) ini ditaksir berdaya ledak 20-30 kiloton. Pengamat memperkirakan uji coba nuklir kelima itu memiliki kekuatan terbesar dibandingkan uji coba sebelumnya yang pernah dilakukan Korut.


"Itu merupakan uji coba DPRK (Korut) terbesar yang pernah dilakukan, 20-30 kiloton setidaknya. Ini bukan hari yang menyenangkan," sebut Jeffrey Lewis, pengamat dari Institut Kajian Internasional Middlebury yang berbasis di California, Amerika Serikat, kepada Reuters, Jumat (9/9/2016).

Dengan daya ledak 20 sampai 30 kiloton sejajar dengan 20juta-30juta kilogram peledak. "Perkiraan daya ledak ini selalu berdasarkan sebuah perkiraan saja, tapi ini merupakan daya peledak yang terbesar yang tercatat, kecuali mereka memperbaiki daya ledaknya jadi lebih rendah."kata Lewis.

Untuk selama ini, tercatat Korut sudah lima kali melakukan uji coba nuklir yang memicu pada kecaman dari berbagai pihak. Sebelumnya, korut melakukan uji coba nuklir pada Januari tahun 2016 lalu menurut perkiraan daya ledak itu mencapai 6 kiloton saja.


Daya ledak dapat diukur berdasarkan pada besar kekuatan gempa dan level permukaan saat gempa buatan tersebut terjadi. Lewis mengatakan bahwa kalau ledakan itu terkonfirmasi maka daya ledak tersebut lebih besar dari bom nuklir milik AS yang dilemparkan ke Jepang saat Perang Dunia II.

"Hal terpenting saat ini adalah dari ke;lima uji coba yang dilakukan oleh Korut itu sekarang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam hal ujicoba nuklir dan mereka sudah bukan lagi negara yang terbelakang." ujar Lewis.

Uji coba nuklir yang dilakukan Korut kali ini memicu getaran yang dapat terdeteksi Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) gempa ini sebesar 5,3 Skala Richter. Menurut laporan pusat gempa terjadi di sekitar Punggye-ri, yang merupakan lokasi berlangsungnya uju coba nuklir di Korut.

Militer Korea Selatan meyakini kalau daya ledak dalam uji coba itu tidak lah lebih kecil dari perkiraan Lewis yaitu 10 kiloton. Akan tetapi ini merupakan daya ledak yang tercatat sebagai ledakan terbesar diantara ujicoba lainnya yang pernah dilakukan Korut.

Kune Y Suh yang adalah Profesor ahli nuklir dari Universitas Nasional Seoul, mengatakan bahwa ujicoba terbaru yang dilakukan Korut merupakan daya ledaknya mencapai dua sampai tiga kali dibandingkan ujicoba sebelum nya. Menurut Kane ledakan yang terjadi bisa lebih dari 10 kiloton.

Post Comment