Sinopsis Dari Novel Danur Merupakan Karya Risa Saraswati

Novel danur ini ditulis penerbit yang bernama Risa Saraswati. Ia adalah seorang musisi yang mempunyai indra ke-6 atau yang juga di sebut sebagai anak indigo. Novel berjudul “Danur” ini menceritakan tentang kisah nyata yang di alami oleh Risa Saraswati. Maka dari itu, ia menulis berbagai rangkaian tulisan tangan tentang kisah yang sudah di alaminya dan kini telah menjadi sebuah novel yang terkenal sekali di kalangan masyarakat Indonesia.

Sinopsis dari buku ini adalah:

Buku ini menceritakan tentang persahabatan Risa dan kelima sahabatnya yang berbeda dimensi lain. Awal pertemanan mereka saat Risa yang saat itu masih kelas 5 SD, dia baru saja pindah dari desa ke kota Bandung. Risa tinggal bersama nenek dan sepupunya di sebuah rumah peninggalan Belanda. Di rumah inilah Risa memulai persahabatannya dengan 5 anak hantu Belanda yang bernama Peter, Hans, Hendrick, Wiliam dan Janshen. Risa mempunyai kelebihan bisa melihat mahkluk ghaib. Kelima sahabatnya laki-laki semua sedangkan ia perempuan seorang diri.

Kelebihan Risa yang dapat melihat mereka adalah anugrah dan sekaligus kutukan untuknya. Kelebihan ini membawanya ke dalam persahabatan unik dengan anak-anak belanda yang kini ia jalani hari-harinya bersama kelima sahabatnya.

Risa mulai sadar dan mendapati bahwa sahabatnya yang setia[p hari di ajaknya mengobrol itu hanyalah seonggok tulang  belulang tanpa kepala yang bisa menapak di tanah dan mereka berbeda dimensi. Tetapi, Risa tidak mempersalahkan soal itu. Walaupun Risa dan kelima hantu Belanda itu berbeda dimensi, mereka tetap sahabat.

Mereka berlima hadir dengan membawa warna warni pelangi tidak hanya hitam ataupun putih. Mereka membawa kebahagian dan kecerian dalam hidupnya. Risa berusaha menjadi pendengar yang baik untuk kwlima sahabat hantunya. Kebanyakan dari mereka bercerita tentang kesedihan yang dibuat oleh penjajah jepang.

Terkadang mereka menunjukan ekspresi kemarahan, sedih, menangis tanpa air mata bahkan terkadang menunjukan wujud yang sangat mengerikan. Tetapi, Risa tidak sama sekali takut, Risa berfikiran positif dan mengambil hikmah dari kejadian yang dialaminya oleh kelima sahabat hantunya itu.

Sudah beberapa tahun Risa dan kelima sahabatnya menjalin persahabatan. Dan saat itulah persahabatan Risa sedang di uji. Risa yang waktu itu masih kecil membuat janji terhadap Peter, Risa telah berjanji akan mengakhiri hidupnya.

Agar bisa hidup selamanya bersama kelima sahabat hantunya, Risa yang berusaha menepati janjinya dengan melakukan aksi  percobaan bunuh diri sebanyak 3 kali mulai dari mesayatt tangannya dengan benda tajam dan meminum obat-obatan warung dalam dosis yang cukup banyak. Tetapi usaha yang dilakukan risa sealu saja gagal.

Risa pun menyesal karena telah melanggar janjinya yang dia buat bersama Peter. Akibatnya, Peter marah besar dan mengajak 4 sahabat Risa pergi meninggalkan Risa dan merekapun tidak pernah muncul lagi di hidup Risa selama belasan tahun.

Selama di  tinggal kelima sahabat hantunya, Risa mencoba menyibukkan dirinya dengan kehidupan nyatanya. Tapi tidak jarang Risa bertemu sahabat-sahabat hantu lainnya seperti Samantha, Ardiah, Teddy, Edwin, Jane, Sarah, Elizabeth dan Kasih. Ridak sedikit dari mereka meminta bantuan kepada Risa untuk menemukan keluarga ataupun kekasih yang mereka cari. Sesungguhnya Risa sangat rindu dengan keliama sahabat hantunya waktu kecil.

Hingga Risa dewasa kelima sahabatnya itu tidak pernah menampakan batang hidungnya lagi. Sampai saat itu tiba, ketika Risa sedang rekaman lagu untuk albumnya. Kelima sahabatnya Risa muncul dan memberikan Risa dukungan. Kini kemanapun Risa bernyanyi dan pergi selalu di temani kelima sahabatnya meski kini Risa bukan anak kecil seusia mereka namun kebersamaan, canda dan tawa mereka tidak perna pudar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here